Find the latest bookmaker offers available across all uk gambling sites www.bets.zone Read the reviews and compare sites to quickly discover the perfect account for you.
Home / INFORMASI / Mendesain Ruang Home Teater

Mendesain Ruang Home Teater

Mendesain Ruang Home Teater

Mempunyai ruang home Teater sendiri tentunya sangat menyenangkan, Anda dapat merasakan sensasi menonton film favorit seperti di bioskop. Selain itu masih ada beberapa keuntungan lainnya yang akan Anda dapatkan dari ruang home teater ini, seperti dapat lebih menikmati waktu bersama keluarga, dapat mengajak teman atau kolega menonton film terbaru atau film favorit. Selain itu menonton film di ruangan sendiri, pastinya akan semakin puas, karena Anda dapat menonton berulang ulang.

Tentunya menarik bukan memiliki ruang seperti ini. Berikut ini adalah ulasan mengenai cara mendesain ruang home teater di rumah Anda.

home teatre, kedap suara, sound sistem, interior

  1. Ukuran luas ruang home teater

Pertama-tama adalah menentukan letak ruang home teater , Anda dapat menggunakan ruang keluarga, atau membuat sebuah ruangan khusus. Ukuran yang sebaiknya digunakan adalah 3x 4 meter atau bahkan lebih, semakin besar pastinya akan semakin menampung banyak orang.

  1. Desain home teater

Hal yang kedua harus Anda ketahui adalah desain dari ruang home teater itu sendiri, apakah akan menggunakan desain modern, klasik, mediterania, atau desain-desain lainnya. Desain ruangan ini harus disesuaikan dengan luas ruangan dan berbagai macam furniture yang akan digunakan dalam ruangan tersebut.

  1. Perabot di ruang home teater

Anda juga harus mempersiapkan berbagai macam perabot ruang home teater. Adapun perabot yang sebaiknya ada di ruangan tersebut adalah :

–                      Kursi

Menonton film di bioskop tentu identik dengan sofa yang nyaman, untuk itu pilih sebuah atau beberapa sofa yang nyaman untuk ditempatkan di ruang teater tersebut. Anda dapat memilih kursi untuk perorangan atau kursi sofa besar, atau desain lainnya. Pastikan kursi tersebut nyaman untuk diduduki dalam jangka waktu yang lama.

–                      Bantal

Tidak ada salahnya jika menambahkan beberapa bantal bahkan juga selimut untuk ditempatkan di dalam ruang tersebut, pastinya menonton film akan terasa lebih nyaman.

–                      Layar

Anda dapat menggunakan televisi berukuran besar, atau Anda juga dapat menggunakan proyektor. Untuk itu Anda perlu mempersiapkan proyektor, screen proyektor, berbagai macam kabel, dan juga ceiling mounts untuk menyimpan proyektor di atap.

–                      Sound system

Sound system adalah peralatan wajib yang harus Anda di sebuah ruang teater ini, seperti speaker, DVD room, dll. Peralatan ini dapat disimpan di depan ruangan atau disebar di beberapa sudut ruangan.

–                      Lampu

Gunakan desain lampu yang tepat dengan desain ruangan. Pastikan terdapat 2 macam lampu yang akan Anda gunakan, lampu yang terang dan lampu yang redup. Letakkan lampu-lampu ini disetiap sudut ruangan agar ruangan terasa lebih terang dan nyaman untuk siapa saja yang menggunakan ruangan tersebut.

–                      Karpet

Gunakan karpet dengan desain yang sama dengan desain ruangan, pastikan karpet tersebut nyaman untuk digunakan.

–                      Aksesoris lainnya

Anda juga dapat menggunakan berbagai macam aksesoris lain untuk ditempatkan di ruang teater tersebut seperti tanda ruang home teater, poster film, tempat untuk memasak popcorn, dll.

  1. Ventilasi udara

Anda juga harus memperhatikan ventilasi udara yang baik untuk ruangan tersebut, walaupun ruangan tersesebut menggunakan AC. Ada baiknya sediakan jendela kecil atau menggunakan penghisap udara, agar udara yang berada di ruangan tersebut tidak terasa pengap.

  1. Alat kedap suara

Gunakan juga alat kedap suara atau menggunakan rockwoll. Alat ini akan meredam suara agar tidak terlalu bising di luar ruangan. Anda dapat menggunakan alat ini dan dekorasinya sendiri kelak akan disesuaikan dengan desain interior dari ruangan tersebut. Perabot ruang home teater sangat penting, dengan demikian maka Anda akan menonton film dengan lebih leluasa.

Penempatan Peredam suara dapat di terapkan pada semua bagian unsur ruang ; lantai , dinding, langit-langit atau palfond

Anda tentu kenal beberapa ruangan yang memerlukan bahan kedap suara, seperti ruang studio, ruang karaoke, ruang rapat, ruang teater, bioskop, dan berbagai macam ruangan lainnya. Studio musik adalah salah satu ruangan yang sangat memerlukan alat peredam suara, selain beberapa ruangan lainnya. Mengapa hal itu terjadi? Seperti diketahui bersama studio, terutama studio musik adalah tempat yang mempunyai banyak sekali suara, yang menjadi masalah adalah suara yang dihasilkan tidak boleh terpantulkan kembali, apalagi hingga menimbulkan gema, hal itu akan membuat musik yang sedang dibuat menjadi kurang jelas dan tidak enak untuk didengar. Jadi fungsi peredam suara adalah untuk menyerap suara yang keluar hingga tidak menimbulkan gema. Ada 3 macam bagian yang harus diperhatikan ketika menempatkan peredam suara, seperti dinding, lantai dan ceiling. Untuk lantai Anda perlu menggunakan lantai karpet utnuk meredam suara.

Peredam suara untuk ruangan

Prinsip kerja dari alat peredam suara tersebut adalah adalah material yang digunakan akan memblok atau menyerap suara yang dihasilkan agar tidak terpantul kedalam ruangan tersebut, atau suara yang ditumbulkan dari luar ruangan tidak masuk ke dalam ruangan. Ada bahan-bahan khusus yang akan digunakan untuk dapat meredam suara tersebut seperti sound proving material. Bahan yang digunakan untuk membuat penyerap suara atau bahan peredam suara atau istilah lainnya adalah sound absorsbing, dibedakan menjadi beberapa macam seperti glasswool, fiber, rockwool, busa telur, foam, gabus, dll. Sedangkan bahan alami untuk meredam suara adalah tempat telur, pelepah pisang, kardus, dll. Menggunakan bahan-bahan pabrik untuk meredam suada tentunya lebih praktis dan mudah untuk diaplikasikan.

Dengan menggunakan bahan-bahan seperti ini maka ruangan akan menjadi kedap suara atau suara yang dihasilkan dari luar ruangan tidak akan masuk ke dalam ruangan. Khusus untuk sebuah studio musik, tentunya harus menggunakan alat peredam seperti ini. Pengedalian ini dilakukan untuk 2 hal, yaitu untuk meradam suara yang ada dan juga meredam gema itu sendiri. Dengan menggunakan alat yang tepat dan juga pemasangan alat yang tepat pastinya akan meredam suara yang keluar dari dalam studio, sekaligus meredam gaung atau gema yang tercipta.

Lantai karpet untuk peredam suara

Selain menggunakan peredam suara di dinding, Anda juga perlu menggunakan peredam suara di lantai. Untuk itu Anda memerlukan lantai karpet yang pas. Jika Anda membuat studio di lantai dasar, tentunya tidak perlu menggunakan karpet tertentu, akan tetapi jika Anda membuat studio di lantai dua ada baiknya jika menggunakan bahan beton agar suara yang dihasilan tidak akan keluar. Untuk lebih memperkecil suara yang keluar Anda dapat menggunakan karpet yang pas.

Pertama-tama jika Anda hendak menggunakan lantai karpet untuk meredam suara adalah dengan menggunakan softboard, bahan ini memiliki pori, dan biasanya terbuat dari serat polyester. Bahan seperti ini sangat baik untuk digunakan untuk lantai, dinding, atau bahkan ceiling. Setelah menggunakan bahan ini, maka Anda dapat menggunakan karpet biasanya di bagian atas. Dengan demikian lantai studio Anda siap dan menjadi kedap suara.

Untuk memilih bahan kedap suara yang pas sebaiknya Anda mempelajari kelebihan dan kekurangan dari setiap jenis bahan peredam suara tersebut, kemudian sesuaikan dengan budget yang Anda miliki saat ini. Membeli pada tempat yang tepat pun penting untuk Anda perhitungkan, hal ini dapat Anda jadikan pertimbangan ketika Anda belum memiliki referensi yang tepat untuk memilih jenis alat peredam suara yang tepat. Setelah semua bahan selesai dipasang, maka hal terakhir yang harus Anda lakukan adalah mendesain studio yang sesuai dengan keinginan Anda.

About ahzainterior m

Check Also

Solusi Dapur Bawah Tangga Dengan Desain Minimalis

Solusi Dapur Bawah Tangga Dengan Desain Minimalis Telah banyak kini rumah rumah yang memanfaatkan area ...